Cara Mudah Membaca Laporan Keuangan

1 Nov
  1. Mulai dari belakang
  2. Catatan kaki
  3. Laporan keuangan
  4. Surat ceo
  5. Penjelasan dan analisis

Mulai dari belakang

Seperti kita ketahui bahwa pada umumnya kategori umum laporan keuangan memuat hal-hal sebagai berikut :

A. Surat ceo

B. Laporan keuangan yang terdiri dari :

-         neraca

-         laporan laba rugi

-         laporan aliran kas

-         laporan perubahan posisi keuangan

-         laporan modal pemegang saham

D. Catatan kaki penjelasan dan analisis (kekuatan dan kelemahan jika ada)

E. Laporan oleh audit independen

Dalam membaca laporan keuangan , hal-hal perlu memperoleh perhatian adalah :

  1. Jika terdapat laporan lebih dari dua paragraf standar mengenai proses audit dan tes kecocokan serta konsistensi dengan prinsip-pinsip akuntansi umum yang dapat diterima
  2. Jika auditor menekankan hal-hal yang juga terdapat pada bagian lain laporan, curigalah bahwa mungkin terjadi hal-hal yang tidak semestinya
  3. Laporan audit seharusnya singkat dan lengkap

Catatan kaki

Catatan kaki harus diperiksa untuk melihat apakah perusahaan telah mengubah prinsip atau metode akuntasi. Seandainya perusahaan mengubah metedo akuntansinya, mungkin mereka sedang menyajikan angka-angka yang terbaik. Kemudian cari tahu alasan perubahan tersebut. Yaitu sbg :

A. Apakah periode penyusutan lebih dari seharusnya, atau karena aktiva yang tidak dipakai sehingga memiliki umur yang lebih lama.

B. Jika penjualan tidak berkembang sebagaimaa yang ditargetkan, perlu dijelaskan di catatan kaki

C. Pendapatan meningkat karena adanya keberuntungan da manajemen ingin menimpan sebagai hasil untuk masa-masa damana penjualan sedang menurun atau melonggarkan pembayaran pajak

D. Apakah penjualan menurun karena adanya perubahan dalam akuntasi dan bukan karena penjulalan

Laporan keuangan.

Dalam membandingka rasio dari seluruh tahun yang dilaporkan, berikan perhatian khusu untuk piutang da sedian. Jika laporan tidak menyebutkan rasionya, anda harus melakukan sendiri

Hal hal yang perlu menjadi perhatian :

A.    Periksa apakah piutang dan sedian meningkat secara lebih cepat dibadingakan penjualan atau sebaliknya

B.    Periksa apakah ini berarti perusahaan sedang berusaha  meningkatkan atau menjaga penjualan dengan kebijakan kredit yang kurang baik

C.     Periksa apakah perusahaan tetap mengopresikan pabrik pada tingkat tinggi tnpa adanya penjualan

D.    Apakah produksi tersebut dimaksudkan untuk sedian di saat penjualan sedang tinggi.

E.     Periksa rasio lancar dan lihat apakah perusahaan membayar tepat waktu dan memiliki kebijkan penagihan piutang yang baik

F.     Periksa apakah utang jangka panjang meluas, hal ini berarti umumny baik, namun jika penjualan menurun, hal tersebut mungkin tidak terlalu baik.

G.    Lihat nilai aktiva kemudia bandingkan dengan perusahaan sejenis apakah perusahaan menaksi terlalu tinggi, apakah ada penjelsanan, menaksir terlalu tinggi.

Kemudian , perlu dicari apakah ada perbedaan dengan cara membandingkan antara laporan keuangan yang ada :

  1. Periksa dan perhatikan aliran kas menurut waktunta dan apa saja yang sudah dilakukan dengan kas tersebut.
  2. Periksa apakah uang diinvestasikan lagi, digunakan untuk membayar deviden, membayar uatang yang jumlahnya besar
  3. Periksa  apakah penjualan meningkat, tetap atau turun. Penjualan menurun menunjukan kemungkinan ada masalah. Penjualan harus bisa mengikuti inflasi, penjulan juga dapat menurun karena alasan pemilik, misalnya sebagaian perusahaan dijual.
  4. Periksa laba per lembar saham. Persepsi bisa salah jika sebagian perusahaan dijual, terjadi penurunan promosi, penelitian dan pengembangan, penundaan terhadap  beberapa pengeluaran yang mengakibatkan pendapatan meningkat.

 

Surat CEO

Periksa surat CEO atau presiden direktur. Karena surat ini memberikan petunjuk mengenai jalannya perusahaan. Isi surat itu harus sejalan dengan apa yang telah anda temukan seperti berikut :

A.    Perhatikan kata-kata lemah dalam surat ini seperti : kami sedang berusaha melakukan, terus bergerak maju, hampir selesai, dianggap demikian serta kecuali untuk, dan seterusnya

B.    Waspadai juga kata-kata terkesan seperti permohonan maaf atau yang lebih banyak dibumbui ketimbang kata-kata tindakan saat menganalisis perubhan dalam penjualan, utang atau laba.

C.     Surat tersebut harusa memberi penjelasan yang mudah dipahami mengenai apa yang sedang terjadi, perusahaan sedang menuju kemana, bagaimana cara mencapainya dan mengapa. Surat yang baik akan  melporkan sebagaimana aslinya dan lengkap (lebih dari 15 halaman)

D.    Periksan laporanan tahunan ctatan kaki, apakah penyusutan dihitung dengan metode garis lurus  untuk laporan trahunan namun metode dipercpat untuk laporan pajak.

E.     Selain itu, sedian umumnya dilaporkan dalam laporan tahunan dengan sedian rata-rata, namun dalam formulir pajak dengan lifo atau fifo, ini cara yang legal untuk menghindari pajak

 

Penjelasan dan analisis

Langkah selanjutnya adalah periksa penjelasan dan analisis yang disediakan dalam laporan keuagan. Hal hal yang perlu diperhatikan adalah sebagai berikut :

A.    Memperhatikan apakah saham telah dijual dan  digunakan, apakah untuk meluaskan pabrik atau meningkatkan penjualan, ataukan untuk membayar utang. Jika memungkinkan, lihat seberapa banyak saham yang merupakan milik karyawan atau dewan pengurus, apakah mereka membeli atau menjual.

B.    Periksa kualifikasi manajemen puncaik, jika tersedia, lihat masalah-masalah hukum, apakah tel;ah terselesaikan, dengan siapa masalah terjadi, kantor pajak, kreditor, pelanggan atau badan pengendali lingkungan, perhatikan berapa lama masalah tersebut  terjadi.

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: